Sabtu, 07 Januari 2012

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Anugerah sebagai Most Trusted Company untuk PT Krakatau Steel (Persero) Tbk


Kembali PT Krakatau Steel (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Setelah meraih predikat sebagai Emerging Industrial Leader dari The Indonesian Quality Award Foundation (IQAF), pada tanggal 19 Desember 2011 yang lalu PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dianugerahi penghargaan sebagai Perusahaan Sangat Terpercaya (The Most Trusted Company) dari The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan Majalah SWA pada ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Tahun 2010/2011.
Pada tahun-tahun sebelumnya, pada ajang yang sama, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai Perusahaan Terpercaya, sehingga kenaikan peringkat menjadi Perusahaan Sangat Terpercaya ini menunjukkan semakin membaiknya persepsi stakeholder tentang praktek Good Corporate Governance yang dijalankan di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Penghargaan sebagai Perusahaan Sangat Terpercaya diberikan kepada 9 perusahaan yang ada di Indonesia, 4 diantaranya Badan Usaha Perbankan yang memang sudah memiliki panduan operasional baku yang sangat ketat dari Bank Indonesia.
Data Pembanding.
Graphic_4_jan.jpg
Ajang Corporate Governance Perception Index tahun 2011 terasa lebih istimewa karena keikutsertaan beberapa anak perusahaan dilingkungan PT Krakatau Steel Grup yaitu :
- PT Krakatau Bandar Samudera (KBS).
- PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC).
- PT Krakatau Tirta Industri (KTI).
- PT Krakatau Engineering (KE).
Sebagai The New Comer, seluruh anak perusahaan PT Krakatau Steel Grup tersebut langsung mendapat penghargaan sebagai Perusahaan Terpercaya. Keberhasilan PT Krakatau Steel “mengajak” beberapa anak perusahaannya pada program tersebut mendapat perhatian dan apresiasi tersendiri dari lembaga penyelenggara, karena sebagai perusahaan induk PT Krakatau Steel telah menjadi lokomotif penerapan tata kelola perusahaan yang baik dilingkungan kelompok usahanya.
 “Mudah-mudahan pada waktu-waktu yang akan datang, seluruh perusahaan dilingkungan PT Krakatau Steel Grup dapat berpartisipasi pada ajang bergengsi tersebut, sekaligus untuk menunjukkan komitmen dan kesungguhan kita menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik didalam menjalankan usahanya sehari-hari,” ujar Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Fazwar Bujang dalam penjelasannya.
Program CGPI Tahun 2011 diikuti 33 Perusahaan terkemuka di Indonesia, terdiri dari Perusahaan Emiten, BUMN dan Perusahaan Swasta. Beberapa perusahaan tersebut adalah:
-  PT Pertamina.
-  PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.
-  PT Astra (Tbk).
-  PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
-  PT Bank mandiri (Persero) Tbk.
-  PT CIMB Niaga (Tbk).
-  PT Bank BNI (Persero) Tbk
-  PT BTN (Persero) Tbk, dll.
Empat tahapan assessment yang yaitu dilakukan meliputi:
1) Self-Assessment,
2) Kelengkapan Dokumen,
3) Penyiapan Makalah,
4) Observasi dan Tatap Muka Langsung Tim Penilai dengan BoD/BoC, Tim Penilai sendiri terdiri dari para praktisi dan akademisi yang berpengalaman dibidang implementasi GCG.
Puncak dari rangkaian acara penilaian tersebut adalah Malam Penganugerahan Penghargaan kepada peserta yang diselenggarakan pada Tanggal 19 Desember 2011 bertempat di Hotel Shangrila Jakarta. Selain meraih predikat sebagai Perusahaan Sangat Terpercaya (the Most Trusted Company), PT Krakatau Steel juga meraih penghargaan sebagai Peserta Terbaik Dalam Pemenuhan Tahapan Kelengkapan Dokumen bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
Penghargaan khusus juga diberikan kepada PT Krakatau Steel atas keikutsertaannya mengikuti program CGPI sebanyak 6 kali berturut-turut bersama PT Aneka Tambang Tbk, PT CIMB Niaga Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk.
Dalam sambutannya, Ketua IICG Gendut S juga  menyampaikan apresiasi khusus kepada PT Krakatau Steel yang telah mampu menyertakan 4 Anak Perusahaannya untuk ikut dalam program penilain CGPI Tahun 2011. Hal ini mendapatkan penghargaan tersendiri karena PT Krakatau Steel secara Corporate telah mampu membawa Korporasi kearah pengelolaan perusahaan yang baik bersama anak-anak perusahaannya.
“Semoga hal ini dapat menginspirasi perusahaan lain dilingkungan PTKS Grup untuk bersama-sama menerapkan prinsip GCG secara sungguh-sungguh di perusahaannya masing-masing. Selanjutnya, semoga PT Krakatau Steel dan Grup dapat menularkan penerapan prinsip-prinsip GCG tersebut ke lingkungan yang lebih besar, yakni kepada perusahaan mitra, kepada instansi horisontal dan vertikal terkait serta kepada lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Gendut S.
Fazwar Bujang mengatakan, motivasi dan semangat kerja tinggi yang dilandasi nilai-nilai budaya perusahaan serta etika bisnis yang baik seyogyanya menjadi satu nafas dalam upaya perusahaan meraih target kinerja usaha yang telah ditetapkan. “Semoga torehan prestasi dalam implementasi GCG ini menjadi harapan dan angin segar bagi PT Krakatau Steel dan Grup memasuki tahun 2012 yang sudah pasti akan sangat penuh dinamika dan tantangan,” ujar Fazwar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar